Thumb

25Nov

Proses Pengendalian Mutu Memastikan Ketepatan dalam Kendaraan Militer

Ketika produsen kendaraan militer mengembangkan konsep kendaraan taktis yang baru, konsistensi dan kualitas sangat penting. Teknologi embedded mengubah kendaraan militer menjadi pusat kaji data. Tetapi teknologi juga mengubah cara kendaraan ini diproduksi, memungkinkan output yang lebih efisien dari pesanan kendaraan bervolume tinggi. Tidak hanya industri yang membuat volume kendaraan militer yang lebih banyak, tetapi kualitas kendaraan tersebut juga meningkat, berkat mesin kontrol kualitas yang canggih.

Demikian, teknologi embedded di atas perangkat keras yang buruk adalah setara dengan memberikan robot yang rusak. Di era teknologi baru, desainer kendaraan perlu membangun dari mula. Menggunakan prosedur pengujian, produsen ini dapat memastikan perangkat keras berkualitas tinggi sebagai titik awal untuk kendaraan mereka.


Shadowgraphs

Salah satu sistem inspeksi non-kontak yang lebih tradisional adalah shadowgraph. Walau teknologi ini mungkin sudah ada sejak lama, peralatan ini telah maju: Versi digital dan modern telah meningkatkan akurasi.
Perangkat pengukuran dirancang untuk membantu mengurangi waktu pemeriksaan secara drastis dibandingkan dengan shadowgraph konvensional. Hingga 100 pengukuran simultan dapat dilakukan dalam hitungan detik pada berbagai bagian presisi hingga pengulangan ± 0,1 mikron. Manajemen data dan antarmuka pemrograman memungkinkan pembuatan laporan inspeksi kustom dan data pengukuran dengan cepat dan mudah.

TESA-SCAN

TESA-SCAN adalah mesin metrologi buatan Swiss, digunakan untuk memeriksa dimensi bagian yang diputar, menggantikan penggunaan peralatan inspeksi manual konvensional seperti kaliper atau mikrometer.


TESA-SCAN menggabungkan sensor linear CCD resolusi tinggi yang menggabungkan garis ribuan piksel. Ketika profil bagian diproyeksikan, sensor-sensor ini, yang mampu mendeteksi perubahan sekecil apa pun pada tingkat piksel, bertindak sebagai alat pengukur peka cahaya.


Operator hanya menempatkan bagian standar ke dalam mesin, dan mesin akan secara otomatis mengukur geometri bagian terhadap spesifikasi dan toleransi yang ditentukan sebelumnya. Dengan memiliki mesin untuk secara cepat dan tepat memeriksa bagian-bagian terhadap dimensi yang ditentukan, bagian-bagian dapat dibuat dengan toleransi yang sangat ketat dan tetap terkendali dengan inspeksi dalam-proses.

Brinell Hardness Machine

Mesin sebelumnya telah berfokus pada konsistensi dimensi, ada karakteristik lain yang harus distandardisasi untuk memastikan kontrol kualitas. Ini termasuk seberapa keras bahan dari suatu bagian.


Kekerasan adalah karakteristik material yang didefinisikan sebagai resistensi terhadap indentasi. Ini ditentukan dengan mengukur diameter indentasi setelah gaya tetap diterapkan. Semakin kecil lekukan, semakin sulit bahan.


Mesin kekerasan Brinell memungkinkan para insinyur untuk memeriksa bahwa semua bagian dalam setiap batch memiliki kekerasan yang tepat. Mesin uji Brinell menggunakan beban uji yang sangat tinggi sekitar 3.000 kg dan indentor berdiameter 10 mm sehingga rata-rata indentasinya dihasilkan dari inkonsistensi permukaan dan sub-permukaan.

-----

Ini adalah tiga cara untuk memastikan bagian kemudi kendaraan militer dibuat dengan toleransi yang sangat ketat. Sementara beberapa teknik menggunakan cahaya, seperti shadowgraph, yang lain menggunakan kekuatan fisik seperti yang terlihat dengan tes kekerasan Brinell. Teknik pengujian ini memungkinkan kendaraan militer terbaik untuk dibawa ke pasar, yang berarti teknologi tertanam terbaru dibangun dengan kualitas tinggi, perangkat keras yang konsisten.